Minggu, 16 Januari 2011

Tempat Wisata Buleleng dan makanan Khas buleleng

Air Sanih

Air Sanih terletak di Desa Sanih Kecamatan Kubutambahan ± 17 km sebelah timur kota Singaraja. Daya tarik utama dari Air Sanih adalah kolam renang alami air bersih dari mata air bawah tanah. Sejak tahun 1930, Air Sanih telah dikenal sebagai objek wisata bagi penduduk setempat. Orang percaya bahwa air tersebut berasal dari Danau Batur, dan ada sebuah pura di tepi kolam renang yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu.

Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak di daerah Bali Utara (Buleleng) atau kurang lebih 10 Km dari kota Singaraja . Pantai ini lebih menawarkan wisata bahari, salah satunya adalah pertunjukan atraksi lumba-lumba yang biasanya sering muncul dan mengikuti perahu wisatawan pada pagi hari. Dengan menyewa perahu nelayan yang siap di beberapa titik pantai kita dapat menyaksikan kehebatan lumba-lumba beratraksi, jika anda mujur kemungkinan anda dapat memegang dan mengelus lumba-lumba itu. Berbeda dengan pantai Kuta maupun pantai Sanur, di Pantai Lovina tidak cocok untuk tempat berjemur karena banyaknya sampan (perahu kecil) yang berjejer dipinggir pantai. Sampan-sampan ini digunakan untuk aktifitas melihat atraksi lumba-lumba di pagi hari. Jika Anda mau berlibur ke Bali Utara khususnya Pantai Lovina, Anda tidak perlu takut dengan fasilitas sarana maupun prasarana karena ada berbagai penginapan mulai dari Losmen (Inn) hingga Cottages tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. 

Makanan Khas Buleleng

Masing-masing daerah mempunyai ciri khasnya sendiri. Demikian juga halnya dengan singaraja. Ada beberapa makanan yang dari tempo doeloe hingga sekarang tetap eksis.
Diantaranya :

1. Blayag
Bagi orang singaraja mungkin nama makanan ini sudah tidak asing lagi, Makanan ini adalah makanan khas singaraja karena jarang dijumpai di tempat lain selain singaraja. Blayag dapat dibeli di pasar kebon sari di pagi hari. Terdiri dari ketupat, urap sayur, bumbu bali yang lezat, kacang kedelai dan gorengan ayam. Masalah harga tidak usah kuwatir, cukup dengan 3000 rupiah anda bisa menikmati Blayag dan dijamin pasti wareg alias kenyang.


2. Siobak
Siobak juga termasuk salah satu makanan khas singaraja. Bahan dasar siobak yaitu daging Babi (sam cam), selain itu ada juga telinga, jeroan, lemak dan kerupuk babi disiram dengan bumbu khas siobak dicampur dengan acar.
Siobak yang paling terkenal di singaraja yaitu Siobak Khe Lok yang bisa anda dapatkan di Kampung Tinggi (dekat terminal Kampung Tinggi), rasanya luar biasa.

3. Jukut Buangit
Mendengar kata jukut buangit jadi teringat dengan "we pedel", seorang pedagang jukut buagit yang sekarang telah tiada. Jukut buangit dicapur dengan kacang kedelai yang rasanya kecut-kecut nikmat. Anda penasaran pingin mencoba?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar